Breaking News

Inilah perbedaan serta contoh hewan vertebrata dan invertebrata

0 0


KANTOROBAT.COM –  Ada dua kelompok hewan yang banyak menghuni Bumi: hewan vertebrata dan invertebrata. Meskipun sama-sama hewan, kedua kelompok hewan ini memiliki beberapa perbedaan. 

Beragam jenis hewan, baik vertebrata maupun invertebrata, bisa ditemui di lingkungan sekitar. Mungkin Anda sering melihat hewan-hewan itu namun masih belum tahu dari kelompok mana mereka berasal. 

Perbedaan yang paling menonjol dari hewan vertebrata dan invertebrata adalah bentuk tubuh mereka.  

Hewan vertebrata biasanya memiliki bentuk tubuh yang kokoh karena ditunjang oleh tulang rangka. Sedangkan hewan invertebrata memiliki cangkang pelindung untuk melindungi tubuh mereka. 

Baca Juga: Pengertian APBN, fungsi, tujuan, serta penyusunannya

Untuk lebih jelasnya, simak perbedaan hewan vertebrata dan invertebrata ini dirangkum dari Byju’s dan Microbe Notes:

perbedaan hewan vertebrata dan invertebrata

Hewan yang masuk dalam klasifikasi vertebrata adalah hewan yang memiliki tulang belakang. Hewan-hewan tersebut memiliki struktur tulang yang terbentuk sempurna dan terdapat di dalam tubuh. 

Karenanya, hewan di kelompok ini memiliki bentuk tubuh yang sempurna dan kokoh. 

Organ tubuh yang dimiliki hewan vertebrata lebih lengkap. Mereka memiliki banyak organ dengan berbagai fungsi untuk menyokong kehidupan. 

Organ pernapasan vertebrata lebih kompleks dan sempurna. Ada dua jenis organ yang biasa ditemui di vertebrata: insang dan paru-paru. 

Beberapa hewan bahkan mampu bernapas menggunakan insang dan paru-paru. 

Peredaran darah pada tubuh vertebrata masuk dalam peredaran darah tertutup. Darah akan mengalir ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah. Regenerasi sel pada vertebrata tidak sebaik invertebrata. 

Untuk berkembang biak, vertebrata melakukan reproduksi aktif dimana ada pembuahan sel telur dengan sperma. Ukuran tubuh vertebrata biasanya lebih besar dan dapat bergerak lebih cepat.

Vertebrata kemudian dikelompokkan menjadi beberapa spesies, seperti reptil, mamalia, aves (burung), amfibi, dan ikan. Contoh dari hewan vertebrata adalah ikan, kucing, sapi, kelinci, burung elang, dan ular. 

Baca Juga: Ingin kuliah di Undip? Berikut daftar lengkap jurusan S1 di Universitas Diponegoro

perbedaan hewan vertebrata dan invertebrata

Perbedaan vertebrata dan invertebrata yang paling mudah adalah tulang belakang. Invertebrata tidak memiliki tulang belakang. 

Hewan ini kebanyakan juga tidak memiliki struktur tulang yang lengkap di dalam tubuh. 

Sebagai gantinya, beberapa hewan invertebrata memiliki cangkang untuk berlindung. Contoh hewan invertebrata yang memiliki cangkang adalah siput dan kerang. 

Organ yang dimiliki invertebrata juga lebih sederhana. Mereka menggunakan kulit, trakea, atau insang sebagai alat pernafasan. 

Peredaran darah invertebrata masuk dalam peredaran darah terbuka. Darah akan di distribusi langsung tanpa menggunakan pembuluh darah. 

Kebanyakan hewan invertebrata berkembang biak secara aseksual. Ada juga yang secara seksual dimana satu tubuh memiliki dua alat reproduksi yang berbeda. 

Contoh hewan invertebrata ialah bintang laut, serangga, ubur-ubur, dan kerang.



Source link

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *