Breaking News

2 Cara meningkatkan efektivitas vaksin virus corona

0 0


KANTOROBAT.COM – Vaksin virus corona mengalami perkembangan di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Jika ingin mendapat suntikan vaksin Covid-19, ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan untuk meningkatkan efektivitasnya.

Melansir dari Best Life, ada dua kondisi penting yang berpengaruh pada efektivitas vaksin Covid-19, yaitu depresi dan stres. Kondisi tersebut berpengaruh pada respons sistem imun tubuh seseorang terhadap vaksin virus corona.

Para peneliti dari Ohio State University mengatakan, kondisi itu bisa diatasi dengan dua cara, yakni tidur dan olahraga. Supaya efektivitas vaksin virus corona bisa Anda dapat secara maksimal, cobalah untuk mencukupi waktu tidur di malam hari sebelum mendapat suntikan vaksin.

Kurang tidur bisa menyebabkan sistem imun mengalami fluktuasi yang tidak sehat saat memproduksi antibodi. Tidur berkualitas juga berhubungan dengan respons tubuh terhadap berbagai macam vaksin, seperti flu, hepatitis A, dan hepatitis B.

Selain itu, usahakan untuk melakukan olahraga berat, seperti olahraga kardio aerobik, dalam kurun waktu 24 jam sebelum disuntik vaksin. Mengutip dari Best Life, kegiatan tersebut mampu meningkatkan sistem imun tubuh setelah diberi vaksin.

Baca Juga: Catat, inilah daftar masyarakat yang tidak bisa disuntik vaksin virus corona

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19 sudah bergulir, kenali efek samping yang mungkin terjadi

Meski vaksin Covid-19 sudah ditemukan dan efektivitasnya bisa meningkat, Anda tetap tak boleh lengah dalam menjalankan protokol kesehatan. Tetap hindari kegiatan yang melibatkan banyak orang dan usahakan untuk tetap di rumah.

Jika Anda terpaksa melakukan kegiatan di luar ruangan, pastikan untuk menjaga jarak dan menggunakan masker dengan cara yang benar. Rajin cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir tak boleh pula dilupakan. Selalu bawa hand sanitizer supaya bisa dipakai dalam keadaan darurat.

Tak berhenti sampai di situ, cobalah untuk meningkatkan sistem imun tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi. Pilihlah buah dan sayur yang bisa menjaga kondisi tubuh Anda agar tak mudah terserang penyakit.

Waspadai pula beberapa gejala umum akibat infeksi virus corona. Misalnya, demam, batuk, sesak napas, penurunan fungsi indra penciuman, diare. Jika Anda mengalami gejala Covid-19 tersebut, segera hubungi tenaga kesehatan agar mendapat penanganan yang tepat.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *