Breaking News

Tak hanya pisang, ini 4 makanan yang mengandung kalium

0 0


KANTOROBAT.COM РJAKARTA. Kalium merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Salah satu cara memenuhi kebutuhan itu adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kalium. Dengan begitu, tekanan darah menjadi lebih terkontrol, distribusi nutrisi lain ke sel tak terhambat, dan kesehatan saraf serta otot terjaga.

Mengutip dari Healthline (healthline.com), seseorang perlu mengonsumsi 4.700 mg kalium per hari. Sayangnya, masih banyak orang yang belum memerhatikan jumlah tersebut. Padahal, ada banyak sumber kalium yang bisa Anda konsumsi, salah satunya adalah pisang.

Sebuah pisang berukuran sedang mengandung 422 mg pisang atau setara dengan 9% kebutuhan kalium Anda per hari. Jika Anda tak suka pisang, Anda masih bisa memenuhi kebutuhan kalium dengan mengonsumsi jenis makanan yang lain.

Alpukat

Alpukat adalah salah satu jenis buah yang memiliki segudang nutrisi. Dalam 100 g alpukat, Anda bisa mendapat 487 mg kalium. Tak hanya itu, jenis buah ini juga menjadi sumber folat dan vitamin K yang baik. Cobalah untuk makan alpukat secara rutin, apalagi bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Catat! ini daftar makanan dan minuman yang memicu diare

Ubi Jalar

Ubi jalar termasuk dalam makanan yang mengandung kalium. Anda bisa mendapat 541 mg kalium dari satu ubi jalar berukuran sedang. Tak hanya memiliki banyak kalium, ubi jalar juga mengandung banyak nutrisi lain, seperti serat, karbohidrat, protein, dan vitamin A.

Tidak berhenti sampai di situ, ubi jalar juga memiliki sedikit lemak. Artinya, bahan alami ini cocok dikonsumsi saat Anda ingin menurunkan berat badan. Cobalah untuk mengkombinasikannya dengan sayuran hijau atau makanan bergizi lain supaya kesehatan tubuh Anda terjaga.

Baca Juga: Ini 11 makanan yang harus dihindari jika mengalami heartburn

Bayam

Bayam adalah salah satu makanan yang mengandung kalium.

Healthline mengatakan bahwa bayam adalah salah satu bahan alami yang cocok dijadikan sumber kalium. Anda bisa mendapat 558 mg kalium dari 100 g bayam. Bayam juga mengandung nutrisi penting lain yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin A, vitamin K, folat, dan magnesium.

Semangka

Semangka tidak boleh terlewat dari daftar makanan yang mengandung kalium. Dalam 572 g semangka, terdapat 640 mg kalium yang bisa memenuhi 14% kebutuhan kalium harian. Jenis buah ini juga mengandung banyak karbohidrat, serat, dan protein yang berguna untuk tubuh.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *