Breaking News

Kegiatan usaha kuartal I-2021 diyakini sudah akan positif

0 0


ILUSTRASI. Pekerja menyelesaikan pembuatan perangkat alat elektronik rumah tangga

Reporter: Bidara Pink | Editor: Yudho Winarto

KANTOROBAT.COM – JAKARTA. Para pelaku usaha optimistis kalau kegiatan usaha di kuartal I-2021 sudah akan mencatat kinerja yang positif.

Dari hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) Bank Indonesia (BI), ini tercermin dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) pada kuartal pertama tahun ini yang sebesar 7,68%.

Dari sisi sektoral, responden berharap seluruh sektor akan mencatat kinerja yang positif, terutama sektor keuangan, real estate, dan jasa perusahaan yang diperkirakan akan mencatat SBT sebesar 1,63%.

Kemudian, sektor pertanian, perkebunan, peternakan, kehutanan, dan perikanan juga digadang bisa mencatat SBT positif 1,44%.

“Sejalan dengan musim panen tanaman bahan makanan di beberapa sentra pangan nasional, seperti Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, dan Sumatera Utara,” ujar Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam laporannya, Rabu (13/1).

Dengan begitu, kondisi dunia usaha di kuartal I-2021 diyakini akan jauh lebih baik daripada kuartal IV-2020 yang masih mencatat SBT minus 3,90%.

Baca Juga: Kinerja industri manufaktur membaik didukung perbaikan mayoritas subsektornya

Meski memang masih berada di zona kontraksi, tetapi kondisi dunia usaha di kuartal terakhir tahun lalu sudah membaik daripada kondisi di kuartal III-2020 maupun di kuartal II-2020.

Erwin bilang, perbaikan tersebut didukung oleh permintaan yang meningkat saat Natal dan Tahun Baru, ketersediaan bahan baku, dan sarana produksi serta peningkatan jumlah pelanggan baru di subsektor listrik.

Perbaikan kegiatan usaha pada kuartal IV-2020 juga didorong oleh kinerja sejumlah sektor yang tumbuh positif, seperti pengangkutan dan komunikasi; keuangan, real estate dan jasa perusahaan, listrik, gas, dan air bersih; serta jasa-jasa.

Terperinci, sektor pengangkutan dan komunikasi mencatat SBT yang sudah positif, yaitu sebesar 0,76%. Pun dengan sektor keuangan, real estate dan jasa perusahaan mencatat SBT positif 0,79%.

Sektor listrik, gas, dan air bersih juga mencatat SBT positif sebesar 0,19% dan sektor jasa-jasa menorehkan SBT sebesar 0,12%.

Sementara itu, sejumlah sektor lainnya juga mengalami perbaikan SBT meski masih berada dalam fase kontraksi. Seperti sektor Industri Pengolahan yang mencatat SBT minus 0,47% dan konstruksi dengan SBT minus 0,23%.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KANTOROBAT Store.





Source link

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *