Breaking News

Bank menanti dana PEN 2021

0 0


ILUSTRASI. Nasabah melakukan transaksi keuangan di kantor cabang BRI Tangerang Selatan,

Reporter: Anggar Septiadi | Editor: Yudho Winarto

KANTOROBAT.COM – JAKARTA. Sejumlah bank siap kembali menadah dana pemuluhan ekonomi nasional (PEN) dari pemerintah tahun ini. Bunga ringan, sekaligus signifikasi terhadap pertumbuhan kredit jadi alasannya.

Kementerian Keuangan memang telah mengalokasikan dana Rp 66,99 triliun, nilai pagu yang sama seperti penempatan tahun lalu. Stimulus ini kembali diluncurkan lantaran memang cukup efektif mendongkrak pertumbuhan kredit perbankan saat pandemi.

Dari nilai Rp 66,99 triliun yang ditempatkan kepada empat bank pelat merah, tiga bank syariah, dan sebelas bank daerah tersalurkan kredit senilai Rp 254,37 triliun kepada 3,74 debitur.

Adapun saat dikonfirmasi KANTOROBAT.COM, Rabu (13/1), Direktur Jenderal Perbendaharaan Kemenkeu Andin Hadiyanto mengaku pihaknya masih membahas terkait penempatan lebih lanjut.

Perihal memperpanjang penempatan kepada bank mitra, termasuk membuka peluang bank lain untuk menjadi bank mitra.

Baca Juga: Menkes sebut sumber anggaran vaksin Covid-19 masih dalam pembahasan

Di sisi lain, Direktur Keuangan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) Haru Koesmahargyo pun mengaku sampai saat ini pihaknya belum mengetahui apakah penempatan dan akan diperpanjang atau tidak.

“Periode penempatan berikutnya belum diputuskan. Adapun dari penempatan dana Rp 15 triliun sejak 25 September 2020 lalu akan jatuh tempo pada 13 Januari 2021,” ujarnya.

Sebagai informasi, dana PEN ditempatkan pemerintah dalam bentuk deposito di bank selama tiga sampai enam bulan dengan bunga di kisaran 2,8%-3,2%.

Adapun BRI tercatat jadi bank yang paling cepat menyalurkan kredit dari dana PEN. Haru pada Oktober 2020 perseroan bahkan telah menunaikan target penyaluran tiga kali lipat dari nilai penempatan.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KANTOROBAT Store.





Source link

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *