Breaking News

Kasus kecelakaan kerja meningkat, Menaker minta budaya K3 diterapkan serius

0 0


ILUSTRASI. Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah

Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Khomarul Hidayat

KANTOROBAT.COM – JAKARTA. Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah meminta agar seluruh pihak lebih serius menerapkan budaya keselamatan dan kesehatan kerja (K3) mengingat terjadinya peningkatan kasus kecelakaan kerja.

Mengutip data BPJS Ketenagakerjaan, pada Januari hingga Oktober 2020, terdapat 177.000 kasus kecelakaan kerja yang terjadi, sementara sepanjang 2019 terdapat 114.000 kasus kecelakaan kerja.

Menurut Ida, angka kecelakaan kerja jauh lebih besar, mengingat angka yang tercatat tersebut masih dihitung berdasarkan jumlah klaim yang diajukan oleh pekerja yang mengalami kecelakaan kerja. apalagi, masih ada tenaga kerja yang belum terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Berdasarkan data tersebut, kita semua dituntut untuk lebih serius untuk menerapkan budaya K3,” ujar Ida dalam Peringatan Bulan K3 Nasional 2021, Selasa (12/1).

Baca Juga: Relaksasi iuran BPJS Ketenagakerjaan berakhir 31 Januari 2021, ini persyaratannya

Ida menjelaskan, kecelakaan kerja tidak hanya menyebabkan kematian, kerugian materi, moril dan perusakan lingkungan. Namun, kecelakaan kerja bisa mempengaruhi produktivitas dan kesejahteraan masyarakat juga berdampak pada indeks pembangunan manusia dan indeks pembangunan ketenagakerjaan.

Ida pun mengatakan, tema bulan K3 tahun ini yakni penguatan sumber daya manusia yang unggul dan berbudaya K3 pada semua sektor usaha menjadi sangat relevan dalam meningkatkan dan mendorong penerapan budaya K3.

Lebih lanjut, Ida meminta agar  pelaksanaan K3 dikawal oleh seluruh pemangku kepentingan. Hal ini mengingat K3 tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah.

“K3 juga menjadi tanggung jawab para Pengusaha dan perusahaan dengan selalu menerapkan Sistem Manajemen K3 sesuai amanat UU Nomor 13 tahun 2003. Juga menjadi kewajiban serikat pekerja, pekerja, dan masyarakat, sehingga semua kita harus memberikan perhatian dan mendorong agar K3 dapat dijalankan secara efektif,” kata Ida.

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KANTOROBAT Store.





Source link

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *