Breaking News

Ekonom CORE optimistis penjualan ritel membaik di Desember 2020

0 0


ILUSTRASI. Penjualan Ritel. KANTOROBAT/Baihaki/30/11/2020

Reporter: Bidara Pink | Editor: Handoyo .

KANTOROBAT.COM –¬†JAKARTA. Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Yusuf Rendy melihat kalau penjualan ritel pada bulan Desember 2020 berpotensi meningkat.

“Kalau melihat dari perkembangan aktivitas masyarakat yang memang meningkat, ada peluang indeks penjualan diil akan membaik dibandingkan bulan November 2020,” tutur Yusuf kepada KANTOROBAT.COM, Selasa (12/1).

Selain itu, peningkatan penjualan ritel pada bulan Desember 2020 juga dipengaruhi oleh faktor musiman seperti libur Natal dan Tahun Baru yang biasanya mengungkit tingkat konsumsi masyarakat.

Dengan melihat prospek baik penjualan ritel tersebut, ditambah dengan perkembangan aktivitas lain seperti misalnya indeks manufaktur yang sudah ekspansi di akhir tahun, maka Yusuf yakinkalau proses pemulihan konsumsi masyaakat di kuadtal IV-2020 semakin nyata meski memang masih akan berada dalam zona negatif.

Baca Juga: Hippindo sebut momen Natal dan Tahun Baru tak signifikan ungkit penjualan ritel

Yusuf memperkirakan, konsumsi rumah tangga di kuartal IV-2020 akan tumbuh di kisaran minus 1% yoy hingga minus 2% yoy. Kontraksinya mengecil kalau dibandingkan dengan pertumbuhan pada kuartal III-2020 yang minus 4,04% yoy.

Kemudian, konsumsi masyarakat diramal akan semakin membaik di tahun 2021 dan paling cepat pada kuartal II-2021, pertumbuhan konsumsi rumah tangga digadang mampu kembali ke zona positif.

“Dengan asumsi pemerintah berhasil melakukan program vaksinasi yang akan mengungkit kepercayaan konsumen. Namun, ini juga perlu didukung syarat PSBB berhasil menekan angka penyebaran kasus Covid-19 dan meningkatkan tes, tracing, dan isolasi,” tandas Yusuf.

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KANTOROBAT Store.





Source link

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *