Breaking News

Trafik telekomunikasi mencatat, tujuan wisata ini tetap ramai saat libur akhir tahun

0 0


ILUSTRASI. Pekerja memeriksa perangkat BTS 4G XL di Base Transceiver Station (BTS) di Yogyakarta, Sabtu (15/12/2018). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/pd.

Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

KANTOROBAT.COM – JAKARTA.  Bagi sebagian masyarakat, rupanya pandemi tak menghalangi merek melakukan perjalanan antarkota, bahkan antarprovinsi, termasuk antarpulau. Terlihat dari kenaikan trafik operator telekomunikasi di sejumlah wilayah yang selama ini menjadi tujuan rutin perjalanan masyarakat saat libur panjang, baik Natal dan Tahun Baru maupun Lebaran.

Sebaliknya, trafik di wilayah Jabodetabek dan kota-kota besar lain menurun. Selain itu, naik dan turunnya trafik berdasarkan wilayah kemungkinan juga dipengaruhi kebijakan pemerintah pusat dan daerah dalam mencegah penyebaran Covid-19.

“Pada masa liburan akhir tahun kali ini, trafik layanan di jaringan XL Axiata meningkat hanya di sebagian kecil provinsi. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kenaikan juga tidak setinggi biasanya,” terang Direktur Teknologi XL Axiata, I Gede Darmayusa, pekan lalu

Kenaikan trafik XL Axiata selama Natal dan Tahun Baru 2021 hanya terjadi di Jawa Tengah sebesar 10%, Jawa Barat 7%, dan Jawa Timur 7%. Sementara itu Jabodetabek mengalami penurunan trafik hingga 3%. Wilayah wisata popular Bali dan Lombok tahun ini hanya naik sebesar 4% dan 10% di banding hari biasa.

Berdasarkan trafik XL Axiata, lokasi wisata dengan trafik tertinggi terjadi di Pantai Parang Tritis sebesar 788%, Pantai Sadranan, Krakal & Indrayanti 260%, Pantai Pandawa 257%, dan Ubud 225%. Pusat keramaian di malam tahun baru dengan trafik tertinggi terjadi di Tugu Yogyakarta sebesar 372%. Lalu Alun Alun Yogyakarta 350%, Simpang Lima Semarang 320% dan Senggigi Krandangan 300%

Di Telkomsel, berdasarkan wilayah, operasional Sumbagut (Sumatera bagian utara) yakrovinsi Sumatera Utara dan Nanggroe Aceh Darussalam menjadi wilayah dengan kenaikan trafik layanan data tertinggi, yaitu sekitar 20,61%. Setelahnya ada wilayah Jawa Tengah yang mencatatkan peningkatan payload sebesar 17,64%. Sedangkan Sulawesi, Sumbagsel atau Sumatera bagian selatan (Sumatera Selatan, Lampung, Jambi, Bangka Belitung, Bengkulu), dan Balinusra (Bali, Nusa Tenggara) melengkapi posisi lima besar dengan pertumbuhan trafik layanan data masing-masing mencapai 15,82%, 15,63%, dan 14,68%, jika dibandingkan payload pada hari biasa sepanjang 2020.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KANTOROBAT Store.





Source link

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *