Breaking News

Kepercayaan konsumen meningkat pada Desember 2020

0 0


ILUSTRASI. Indeks Kepercayaan Konsumen (IKK) diproyeksi naik lagi

Reporter: Bidara Pink | Editor: Anna Suci Perwitasari

KANTOROBAT.COM – JAKARTA. Kepercayaan konsumen nampak kembali meningkat pada bulan Desember 2020.

Berdasarkan survei Danareksa Research Institute (DRI), Indeks Kepercayaan Konsumen (IKK) pada bulan Desember lalu berada di level 82,7 atau naik 6,0% dari bulan November 2020. 

“IKK meningkat pada kuartal IV-2020. Penguatan IKK ini merupakan cerminan dari peningkatan perekonomian yang disebabkan oleh meningkatnya realisasi dari bantuan perlindungan sosial dari pemerintah,” kata Kepala ekonom DRI Moekti P. Soejachmoen dalam laporannya. 

Peningkatan IKK ini sejalan dengan peningkatan dua komponennya, yaitu Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) saat ini dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK). 

Baca Juga: Ini dua program pengelolaan dan pengembangan holding hotel BUMN

Pada bulan lalu, IKE tercatat naik 8,2% secara bulanan (mom) menjadi 48,1. Menurut Moekti, selain semakin besarnya realisasi bantuan dari pemerintah, keyakinan konsumen juga digenjot dari relaksasi pembatasan aktivitas yang ditetapkan oleh pemerintah. 

Bahkan, dalam survei lembaga tersebut, proporsi konsumen yang mengatakan kalau perekonomian saat ini berada dalam kondisi baik meningkat dari 5,3% menjadi 6,3%. 

Sayangnya, di waktu yang sama, proporsi konsumen yang mengatakan kalau kondisi ekonomi saat ini buruk juga naik, yaitu dari 67,5% menjadi 68,9%. 

Lebih lanjut, IEK nampak meningkat 5,3% mom menjadi 108,6. Hal ini dipicu oleh konsumen yang lebih yakin akan prospek pendapatan rumah tangga dan prospek ketersediaan lapangan pekerjaan. 

Konsumen yang yakin akan peningkatan rumah tangga akan naik mencapai 12,8%. Sementara konsumen yang yakin akan ketersediaan lapangan pekerjaan sebesar 13,7%. 

Sementara di tahun 2021, DRI optimistis kalau keyakinan konsumen bisa semakin solid. Apalagi, dengan adanya program vaksin yang akan mulai diimplementasikan, juga berlanjutnya program pemulihan ekonomi nasional (PEN). 

Baca Juga: Ini saham-saham pilihan analis saat pembatasan kegiatan 2 pekan diberlakukan

“Pemulihan ekonomi dan aktivitas bisnis akan terbantu dari program PEN dan ini akan menjadi faktor yang akan meningkatkan optimisme konsumen akan ketersediaan lapangan kerja dan naiknya pendapatan rumah tangga,” pungkas Moekti. 

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KANTOROBAT Store.





Source link

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *