Breaking News

Mandiri Manajemen Investasi jadi MI dengan AUM terbesar per Desember 2020

0 0


ILUSTRASI. Mandiri Manajemen Investasi jadi MI dengan AUM terbesar per Desember 2020

Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Noverius Laoli

KANTOROBAT.COM –  JAKARTA. Tahun 2020 adalah tahun yang penuh ketidakpastian dalam dunia investasi sering terjadinya perlambatan ekonomi di tengah pandemi Covid-19. Kendati demikian, industri reksadana masih berhasil mencatatkan pertumbuhan di tengah keadaan tersebut.

Merujuk data Infovesta Utama, dana kelolaan atau Asset Under Management (AUM) industri reksadana berhasil catatkan kenaikan sebesar Rp 20,05 triliun. Dengan demikian, AUM industri reksadana per Desember 2020 mencapai Rp 552,28 triliun.

Jika dihitung secara tahunan, AUM industri reksadana telah berhasil tumbuh 3,77%. Pasalnya, pada Desember 2019, AUM industri reksadana hanya Rp 532,13 triliun.

Capaian ini patut diapresiasi mengingat pada masa awal persebaran Covid-19, para investor sempat berbondong-bondong menarik keluar dananya dari reksadana. Pada Maret 2020, AUM industri reksadana sempat terjun ke Rp 461,28 triliun atau level terendahnya di 2020.

Baca Juga: OJK tetapkan rating efek yang tidak melalui penawaran umum minimal idAA

Jika dihitung dari level tersebut, maka AUM industri reksadana telah mengalami kenaikan hingga 19,73%.

Masih berdasarkan data dari Infovesta Utama, dari seluruh Manajer Investasi (MI) yang ada, PT Mandiri Manajemen Investasi berhasil menjadi MI dengan dana kelolaan terbesar di Indonesia. Per Desember 2020, Mandiri Manajemen Investasi tercatat berhasil menghimpun dana hingga Rp 52,69 triliun.

Sementara pada peringkat kedua, ada PT Manulife Aset Manajemen Indonesia yang memiliki AUM hingga Rp 49,25 triliun. Lalu pada peringkat ketiga, ada PT Batavia Prosperindo Aset Manajemen yang dana kelolaannya mencapai Rp 46,54 triliun.

Berikutnya, pada peringkat keempat ditempati oleh PT Bahana TCW Investment Management yang memiliki dana kelolaan sebesar Rp 45,45 triliun. Sementara pada peringkat kelima, ada PT Schroder Investment Management Indonesia yang AUM-nya sebesar Rp 37,06 triliun.

Baca Juga: Pasar membaik, penerbitan obligasi korporasi diprediksi lebih meriah di tahun ini

Berikut 25 besar MI dengan dana kelolaan per 30 Desember 2020:

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KANTOROBAT Store.





Source link

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *