0

Penyebab Tinggi Badan Tidak Maksimal

Penyebab Tinggi Badan Tidak Maksimal – Tinggi badan yang tidak maksimal biasanya akan terjadi dikala seseorang masih dalam masa pertumbuhan. Yang bisa membuat tinggi badan seseorang bisa tumbuh dengan maksimal dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti: Nutrisi, hormon, dan faktor genetik. Lanjutkan membacanya..

Penyebab Tinggi Badan Tidak Maksimal

Adanya Keluarga yang Bertubuh Pendek

Seorang anak yang memiliki kedua orang tua dengan tubuh pendek berpeluang besar mendapatkan tinggi yang tidak maksimal ketika besar kelak. Padahal, mereka dapat tumbuh normal, dan pertumbuhan tulang mereka tidak akan terhambat.

Baca Artikel Sebelumnya: Tips Tinggi Badan Orang Korea

Masa Pubertas yang Tertunda

Seorang anak yang mengalami masa pubertas yang tertunda akan lahir dengan tinggi badan yang normal, namun pertumbuhan nya akan terhambat ketika menginjak usia 3 tahun hingga usia remaja. Masa Pubertas yang Tertunda inilah salah satu Penyebab Tinggi Badan Tidak Maksimal.

Malnutrisi

Hal yang umum terjadi di negara-negara berkembang di dunia, termasuk Indonesia ialah malnutrisi. Hal ini lazim terjadi akibat adanya kemiskinan yang belum tertuntaskan dengan baik. Secara spesifik, seseorang yang masih dalam masa pertumbuhan membutuhkan kalsium, vitamin D, dan juga zinc. Bila ke-3 elemen tadi tak terpenuhi dengan baik, maka hal ini pun menjadi salah satu Penyebab Tinggi Badan Tidak Maksimal.

Penyebab Tinggi Badan Tidak Maksimal

Terserang Penyakit

Seseorang yang terserang penyakit kronis dimasa pertumbuhan nya, berisiko besar untuk tidak memiliki tinggi yang memadai. Diantara penyakit yang bisa mempengaruhi tinggi badan ialah: Penyakit liver, ginjal, paru-paru, atau penyakit yang memiliki hubungan dengan jaringan tubuh.

Kehadiran Syndrome

Tinggi yang tidak maksimal bisa disebabkan oleh genetik syndrome, seperti: Down syndrome dan turner syndrome. Hal tersebut juga menjadi bagian dari syndrome yang lainya seperti: Noonan syndrome, Prader-Willi syndrome, dan Russel-Silver syndrome.

Endocrine

Endocrine juga menjadi sebab adanya hypothyroidism, kecacatan hormon tiroid, dan kelainan hormon lainya. Hormon tiroid dibutuhkan dalam pertumbuhan. Seorang anak yang memiliki hypothyroidism maka pertumbuhanya akan sangat lamban dan tentunya akan tidak maksimal.

Hal Lainya

Tubuh yang pendek bisa dihubungkan dengan salah satu hal ini:

  • Intrauterine growth retardation.
  • Gangguan tulang rawan dan gangguan tulang lainya (chondrodystrophies).
  • Achondroplasia.
  • Hypochondroplasia.

Penyebab Tubuh Cepat Tinggi

Hal yang menyebabkan pertumbuhan badan menjadi maksimal salah satunya ialah minum Obat Peninggi Badan yang Terbukti Ampuh.

Ahli Herbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *