1

Penyebab Bisul di Vagina dan Cara Mengobatinya

Penyebab Bisul di Vagina dan Cara Mengobatinya – Bisul vagina yang berisi nanah, benjolan meradang yang terbentuk di bawah kulit vagina anda. Benjolan ini dapat berkembang pada bagian luar dari vagina, di daerah kemaluan, atau mereka dapat mengembangkan pada labia.

Bisul vagina berkembang ketika folikel rambut menjadi terpengaruh dan infeksi berkembang dalam folikel. Bisul dapat mulai dari kecil, benjolan merah dan berkembang selama beberapa hari menjadi bengkak, terasa sakit, dengan warna putih atau kuning berisi nanah.

Penyebab Bisul di Vagina dan Cara Mengobatinya

Beberapa bisul mungkin terlihat mirip dengan jerawat, dan diagnosis yang benar adalah kunci untuk pengobatan. Jika anda memiliki tempat di vagina anda dan tidak yakin jika itu bisul atau akibat dari sesuatu yang lain, buatlah janji untuk memeriksakan diri ke dokter.

Bisul memang jarang menimbulkan keprihatinan. Sebagian besar akan hilang sendiri sendiri dalam satu atau dua minggu. Beberapa mungkin memerlukan perawatan medis. Pengobatan dapat membantu meringankan rasa sakit dan mengurangi infeksi sampai bisul hilang. Dalam kasus yang parah, dokter anda mungkin lance, atau dipotong, didihkan untuk mengeringkan infeksi.

Cara Mengobati Bisul Vagina Di Rumah

Sebagian besar bisul akan hilang sendiri dalam hitungan beberapa hari atau minggu. Anda dapat membantu meringankan gejala dan mempercepat proses dengan pengobatan rumah ini.

Sebelum anda menyentuh bisul atau daerah sekitarnya itu, pastikan untuk mencuci tangan anda dengan baik. Gunakan sabun antibakteri dan air hangat. Tanpa langkah ini, anda berisiko lebih memperkenalkan bakteri ke bisul lebih banyak lagi. Ini bisa membuat infeksi lebih parah.

Demikian juga, mencuci tangan anda lagi setelah anda telah menyelesaikan pengobatan anda. Anda jangan mengambil risiko penyebaran bakteri ke area lain dari tubuh anda.

1. Jangan Menusuk Bisul

Anda wajib menahan godaan untuk menusuk bisul. Karena itu dapat membuat bakteri dan infeksi semakin menyebar. Anda juga dapat mendapatkan rasa sakit yang lebih parah.

2. Kompres Hangat

Rendam kain lap dengan air yang sedikit hangat dari apa yang anda gunakan untuk mencuci tangan atau wajah. Peras keluar kelebihan air. Tempatkan kompres pada bisul, dan biarkan di sana selama 7 sampai 10 menit.

Ulangi proses ini tiga atau empat kali sehari sampai bisul hilang. Panas dari kompres membantu mempromosikan sirkulasi darah, sehingga sel darah putih dapat melawan sisa infeksi.

3. Selama Penyembuhan, Pakailah Celana Yang Longgar

Salah satu penyebab paling umum dari bisul adalah pakaian ketat yang menyebabkan gesekan atau menggosok halus di kemaluan kulit. Sampai bisul menghilang, pakailah pakaian longgar. Setelah olahraga, langsung bersihkan dan keringkan pakaian.

4. Gunakan Salep

Salep petroleum jelly dan QnC Jelly Gamat dapat membantu melindungi bisul terhadap gesekan dari pakaian. Demikian juga, jika bisul mengalami semburan, gunakan salep antibiotik seperti gabungan bacitracin, neomisin, polimiksin B (Neosporin) untuk melindungi terhadap infeksi lain.

5. Gunakan Obat Penghilang Rasa Sakit

Obat penghilang rasa sakit mungkin sangat diperlukan untuk meringankan rasa sakit dan peradangan dari bisul. Ambil dan gunakan ibuprofen (Advil) atau acetaminophen (Tylenol) sesuai dengan petunjuk paket.

Jika pengobatan rumah ini tidak membantu atau tidak hilang dalam waktu dua minggu, buatlah janji bertemu dengan dokter untuk memeriksakan kondisi bisul anda. Anda mungkin perlu perawatan medis dari dokter.

Baca juga :

Berapa Lama Waktu Yang Dibutuhkan Untuk Penyembuhan?

Bisul biasanya akan hilang sendiri dalam satu atau dua minggu. Beberapa bisul akan menyusut dan menghilang. Orang lain mungkin meledak terlebih dahulu. Jika bisul mengalami semburan, bersihkan daerah tersebut secara menyeluruh, dan terapkan kasa steril atau perban perekat. Jagalah daerah bisul tetap bersih, dan ganti setiap hari. Cuci tangan anda sebelum dan setelah anda mengganti pembalut.

Memiliki satu bisul tidak membuat anda lebih mungkin untuk memiliki anak lagi. Namun, beberapa faktor risiko yang menyebabkan seseorang mendapatkan bisul dapat dengan mudah mengarah ke yang lain. Ini termasuk :

  • Gesekan dari pakaian ketat.
  • Rambut tumbuh ke dalam.
  • Infeksi Staph.

Jika lebih banyak bisul terjadi pengembangan, buatlah janji dengan dokter anda. Yang mendasari faktor mungkin berkontribusi terhadap bisul. Mengobati akar penyebab dapat membantu mencegah benjolan.

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Berkunjung Ke Dokter?

Beberapa gejala yang menunjukkan bisul mungkin perlu pengobatan tambahan dari dokter. Ini termasuk :

  • Demam.
  • Menggigil atau berkeringat dingin.
  • Benjolan yang tumbuh pesat.
  • Benjolan yang sangat menyakitkan.
  • Benjolan yang lebih besar dari dua inci.
  • Bisul di wajah anda.
  • Bisul yang tidak hilang setelah dua minggu.
  • Bisul yang sudah hilang, tapi muncul kembali di tempat yang sama.

Dokter memiliki dua pilihan pengobatan jika bisul terlalu parah untuk diobati di rumah sendiri :

Lance dan Drain : Jika bisul ini sangat menyakitkan atau besar, dokter mungkin akan lance atau memotong bump untuk mengalirkan nanah dan cairan. Dokter akan menggunakan peralatan steril, jadi jangan mencoba untuk melakukan hal ini di rumah. Bisul yang sudah terkena infeksi berat mungkin perlu dikeringkan lebih dari sekali.

Antibiotik : Infeksi parah yang berulang mungkin memerlukan antibiotik untuk mencegah bisul. Dokter mungkin juga meresepkan antibiotik setelah bisul dikeringkan untuk mencegah infeksi sekunder.

Cara Mencegah Bisul

Mencegah bisul tidak selalu mungkin berhasil, tapi tips ini dapat membantu anda mengurangi risiko anda terkena bisul di vagina :

Ganti pisau cukur anda secara sering : pisau cukur yang sudah kusam dapat meningkatkan risiko rambut tumbuh ke dalam. Ganti pisau cukur setiap tiga sampai empat minggu.

Jangan berbagi pisau cukur : bakteri yang bertanggung jawab untuk bisul bisa dengan mudah berbagi dengan pisau cukur. Rawat pisau cukur agar tetap bersih, kering, dan disimpan jauh dari orang lain.

Mencukur di kamar mandi : Gunakan lotion cukur atau krim untuk mengurangi gesekan pada rambut ketika anda mencukur di kamar mandi.

Mencukur sesuai arah pertumbuhan rambut : Untuk mengurangi kemungkinan tumbuh ke dalam rambut maka mencukurlah ke arah rambut anda tumbuh.

Ekspoliasi daerah kemaluan dengan lembut : Jika anda mencukur daerah kemaluan, kurangi kesempatan anda untuk mengembangkan rambut tumbuh ke dalam dengan lembut exfoliating daerah dua kali seminggu. Exfoliating dapat membantu membuka situs yang diblokir folikel rambut dan memungkinkan pertumbuhan rambut.

Mengambil semua antibiotik : Jika dokter anda meresepkan antibiotik untuk mengobati infeksi anda, selesaikan lah seluruh resep. Berhenti sebelum anda telah mengambil semua pil yang dapat menyebabkan infeksi berulang.

Mengobati virus staph : Jika anda mengalami bisul berulang, dokter mungkin akan mengambil sampel nanah dari bisul dan telah diuji untuk menentukan apakah bakteri yang menyebabkan bisul. Mengetahui bahwa bakteri dapat membantu dokter lebih baik dalam mengobati dan mencegah bisul. Staphylococcus aureus merupakan bakteri yang biasa ditemukan pada kulit, dan dapat menyebabkan bisul berulang, serta infeksi lainnya. Jika bakteri ini terus ada, dokter anda dapat secara khusus akan menghilangkannya.

| Pusat Obat Herbal

Ahli Herbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *