0

Benjolan di Leher Apakah Bahaya Bila Tidak Segera di Obati?

Benjolan di Leher Berbahaya Apabila Tidak Segera Di ObatiBenjolan di leher bisa pula kita sebut dengan massa leher. Apakah Bahaya Benjolan di Leher ? Simak penjelasan dari ahlinya hingga tuntas.

Benjolan di Leher Berbahaya Apabila Tidak Segera Di Obati

Benjolan di Leher Berbahaya Apabila Tidak Segera Di Obati

Walaupun kebanyakan benjolan di leher tidak memberikan efek negatif (berbahaya), tetap saja hal ini mengganggu penampilan kita untuk lebih percaya diri. Namun kita seyogia nya tetap mewaspadai benjolan tersebut. Benjolan di leher tersebut bisa menjadi hal yang serius, misalnya seperti gejala tumor (kanker), dan mungkin juga infeksi. Dengan berkunjung ke dokter terdekat, anda bisa memastikan benjolan yang terdapat di leher anda.

Dimana Benjolan Tersebut Berasal?

Sebuah benjolan di leher bisa keras, lunak, lembut atau non-tender. Hal ini dapat terletak di kulit (seperti kista sebaceous atau jerawat) atau dapat berasal dari jaringan dan organ dalam leher Anda. Dimana berasal benjolan memainkan peran penting dalam menentukan apa itu. Karena ada banyak otot, jaringan, dan organ dekat leher, ada banyak tempat benjolan leher bisa datang dari, termasuk:

  • Kelenjar getah bening.
  • Kelenjar tiroid, yang merupakan berbentuk kupu-kupu, organ kecil di bawah jakun.
  • Kelenjar paratiroid, yang empat kelenjar kecil yang terletak di belakang kelenjar tiroid.
  • Saraf laring berulang, yang memungkinkan pergerakan pita suara.
  • Otot leher.
  • Trakea, atau tenggorokan.
  • Laring, atau kotak suara.
  • Tulang leher.
  • Kelenjar ludah.
  • Berbagai arteri dan vena.

Penyebab Benjolan di Leher

Kelenjar getah bening yang membesar adalah penyebab paling umum dari benjolan di leher. kelenjar getah bening mengandung sel-sel yang membantu tubuh Anda melawan infeksi dan sel-sel ganas serangan (kanker). Ketika Anda sakit, kelenjar getah bening Anda dapat membesar untuk membantu melawan infeksi. Penyebab umum lainnya dari pembesaran kelenjar getah bening meliputi:

  1. Infeksi telinga.
  2. Infeksi sinus.
  3. Radang amandel.
  4. Radang tenggorokan.
  5. Infeksi gigi.
  6. Infeksi bakteri dari kulit kepala.

Bisa juga karena kehadiran penyakit lain yang dapat menyebabkan benjolan di leher, seperti:

[!] Penyakit autoimun, kanker, dan gangguan lain dari kelenjar tiroid, seperti gondok akibat kekurangan yodium, dapat menyebabkan pembesaran sebagian atau seluruh kelenjar tiroid Anda.

[!] Virus, seperti gondok, bisa membuat kelenjar ludah Anda membesar.

[!] Cedera atau tortikolis dapat menyebabkan benjolan di otot leher Anda.

  • Kanker

Kebanyakan benjolan di leher adalah jinak, tapi kanker merupakan penyebab yang mungkin menyerang. Untuk orang dewasa, kesempatan hadirnya benjolan leher meningkat menjadi kanker setelah usia 50, begitulah menurut Cleveland Clinic. Pilihan gaya hidup, seperti merokok dan minum, juga dapat memberikan dampak negatif.

Penggunaan jangka panjang tembakau dan alkohol merupakan dua faktor risiko terbesar untuk kanker mulut dan tenggorokan. Faktor risiko lain yang umum untuk kanker leher, tenggorokan, dan mulut adalah infeksi human papilloma virus (HPV). Infeksi ini umumnya ditularkan secara seksual, dan itu sangat umum. Tanda-tanda infeksi HPV sekarang ditemukan di dua-pertiga dari semua kanker tenggorokan, menurut American Cancer Society.

Kanker yang muncul sebagai benjolan di leher bisa meliputi:

  1. Kanker kepala dan leher jaringan.
  2. Limfoma Hodgkin.
  3. Limfoma non-Hodgkin.
  4. Leukemia.
  5. Kanker jenis lain, termasuk paru-paru, kulit, tenggorokan, dan kanker payudara.

.

  • Virus

Ketika kita berpikir tentang virus, biasanya kita berpikir tentang influenza. Namun, ada virus lain di luar sana, dan banyak dari mereka dapat menyebabkan benjolan di leher Anda. Seperti:

  1. HIV atau AIDS
  2. Sinanga
  3. Mononukleosis menular
  4. Rubella
  5. Faringitis virus

.

  • Bakteri

Infeksi bakteri dapat menyebabkan masalah leher dan tenggorokan, yang menyebabkan peradangan dan benjolan di leher. Banyak dari ini dapat diobati dengan antibiotik yang diresepkan. Ini termasuk:

  • Mycobacterium atipikal, yang merupakan jenis bakteri yang paling umum pada orang dengan imunitas rendah
  • Penyakit paru-paru
  • Abses peritonsillar, yang merupakan abses di atau dekat amandel
  • Radang tenggorokan
  • Radang amandel
  • TBC

Penyebab lain Benjolan di Leher

Ada yang lain, penyebab umum dari benjolan di leher. Reaksi alergi terhadap obat-obatan dan makanan juga dapat menyebabkan benjolan leher. Sebuah batu di saluran air liur, yang dapat memblokir air liur, juga dapat menyebabkan benjolan leher.

Gejala lain Benjolan di Leher

Karena benjolan leher dapat disebabkan oleh berbagai kondisi dan penyakit, ada banyak gejala lain yang juga terkait. Beberapa orang akan akan memiliki beberapa gejala yang terkait dengan kondisi yang menyebabkan benjolan di leher. Jika benjolan di leher Anda disebabkan oleh infeksi dan kelenjar getah bening, Anda mungkin merasakan sakit tenggorokan, kesulitan menelan makanan, atau nyeri di telinga. Jika leher benjolan Anda memblokir jalan napas Anda, Anda juga mungkin memiliki kesulitan bernapas atau suara serak ketika Anda berbicara. Kadang-kadang orang dengan benjolan leher yang disebabkan oleh kanker memiliki perubahan kulit di sekitar daerah tersebut. Mereka juga mungkin memiliki darah atau dahak dalam air liur mereka.

Apa yang Harusnya Dilakukan Bila Terdapat Benjolan di Leher?

Dokter mungkin akan bertanya tentang riwayat kesehatan Anda, termasuk rincian tentang kebiasaan gaya hidup Anda dan gejala yang Anda rasakan. Dokter Anda ingin tahu berapa lama Anda telah merokok atau minum dan berapa banyak Anda minum dan merokok setiap hari nya. Dokter Anda juga akan ingin tahu kapan gejala benjolan di leher Anda mulai di rasakan dan seberapa parah mereka. Hal tersebut pun akan diikuti oleh pemeriksaan fisik.

Selama pemeriksaan fisik, dokter akan memeriksa Anda di area kulit kepala, telinga, mata, hidung, mulut, tenggorokan, dan leher. Dokter Anda akan terlihat untuk perubahan kulit normal dan gejala lain yang terkait.

Bagaimana Benjolan di leher Didiagnosis?

Diagnosis Anda akan didasarkan pada gejala Anda, sejarah, dan hasil pemeriksaan fisik. Dalam beberapa kasus, dokter Anda dapat merujuk Anda ke THT (telinga, hidung, dan tenggorokan) spesialis untuk evaluasi rinci Anda telinga, hidung, tenggorokan, dan sinus. Dalam prosedur ini, dokter akan menggunakan instrumen berlampu untuk melihat daerah dari telinga, hidung, dan tenggorokan yang tidak dinyatakan terlihat. Evaluasi ini tidak memerlukan anestesi umum. Dengan kata lain, Anda akan terjaga selama prosedur.

Dokter dan spesialis apapun dapat menjalankan berbagai tes untuk menentukan penyebab benjolan di leher Anda. Sebuah pemeriksaan darah dapat dilakukan untuk mengevaluasi keseluruhan kesehatan umum di tubuh Anda dan memberikan wawasan ke dalam sejumlah kondisi yang mungkin. Misalnya, jumlah sel darah putih Anda mungkin tinggi jika Anda memiliki infeksi.

Pemeriksaan lainnya mungkin termasuk:

  • Sinar-X sinus
  • Sinar X-ray di Dada, yang memungkinkan dokter untuk melihat apakah ada masalah di paru-paru, kelenjar
  • Trakea, atau getah bening di dada Anda.
  • USG leher, yang adalah tes non-invasif yang menggunakan gelombang suara untuk mengevaluasi benjolan di Leher
  • MRI di kepala dan leher, yang membuat gambar rinci dari struktur di kepala dan leher

Cara Mengobati Benjolan di Leher

Jenis pengobatan untuk benjolan di leher tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Benjolan yang disebabkan oleh infeksi bakteri diobati dengan antibiotik. Pilihan pengobatan untuk kanker kepala dan leher meliputi operasi, radiasi, dan kemoterapi. Deteksi dini adalah kunci untuk keberhasilan pengobatan penyebab benjolan leher. Menurut American Academy of Otolaryngology, kanker kepala dan leher dapat disembuhkan dengan beberapa efek samping jika mereka terdeteksi dini.

Kesimpulan

Benjolan di leher dapat terjadi pada siapa saja, dan mereka tidak selalu dengan tanda-tanda yang serius. Namun, penting untuk melihat dokter Anda untuk memastikan. Seperti semua penyakit, lebih baik untuk mendapatkan didiagnosis dan diobati dini, terutama jika leher benjolan Anda ternyata disebabkan oleh sesuatu yang lebih serius. Jika Anda memiliki benjolan leher dan Anda khawatir, segera tangani dan jangan di sepelekan.

OBAT BENJOLAN di LEHER

Obat kirim dulu, Anda boleh bayar kalau sudah sampai

OBAT BENJOLAN di LEHER

Benjolan di Leher Berbahaya Apabila Tidak Segera Di Obati

Cara Pemesanan Obat Benjolan di Leher QnC Jelly Gamat Harga Rp. 155.000/Botol

→ Ingin dapat harga promo..? Silahkan KLIK DISINI

→ Apa sih QnC Jelly Gamat..? Apa sih Teripang Emas..? Ingin Tau..? KLIK DISINI

ketik:

WQNC : Jumlah Botol : Nama Lengkap : Alamat Lengkap : No.HP


Kirim SMS/WhatsApp Pemesanan ke 085223944949


Atau invite PIN:53227614 ATAU PIN:54A88110

Contoh:

WQNC : 5 botol : Hasan Sukiman : Jln. : 081221545xxx


*Setiap pemesanan Wajib mencantumkan Kode Produk “WQNC” untuk mempercepat pelayanan.

*Ongkos kirim akan diberitahukan kemudian.

*No. Rekening kami akan diberitahukan kemudian.


Layanan Konsumen Profesional Respon Cepat 24 Jam :


Pesan Sekarang Juga!

BARANG SAMPAI Duluan, BARU TRANSFER PEMBAYARAN!

Ahli Herbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *