0

Akalasia Esofagus Adalah? Tenggorokan Sakit Menelan?

Akalasia Esofagus Adalah (Definisi achalasia) suatu keadaan esofagus (kerongkongan) tersebut memiliki kemampuan dalam menstimulasi makanan dari mulut ke perut. Akalasia Esofagus ini adalah penyakit yang termasuk dalam jajaran penyakit yang langka menyerang. Walau demikian, perlu kita ketahui, bahwa penyakit akalasia ini termasuk dalam penyakit yang bisa menjangkiti setiap lapisan usia, dan juga bisa diwariskan kepada keturunan pemiliki penyakit ini. Kebanyakan dari penderita Akalasia Esofagus berusia paruh baya, dan memiliki gangguan pada autoimun.

Akalasia Esofagus

Tenggorokan Sakit Menelan?

Secara normal, LES (Lower Esophageal Sphincter) akan meregang supaya makanan dapat masuk ke pencernaan. Akan tetapi dalam kasus ini, pengidap Akalasia Esofagus tak dapat meregangkan LES yang dimilikinya. Ketika Penyempitan esofagus terjadi, makanan akan tertimbun di bawah kerongkongan, atau bisa saja hal ini menyebabkan makanan menjadi naik kembali. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab, Tenggorokan Sakit Ketika Menelan Makanan.

LES adalah lingkaran otot di bagian bawah kerongkongan, akan membuka dirinya otomatis ketika minuman ataupun makanan meluncur ke pencernaan. LES akan menutup otomatis pula, demi mencegat asam & makanan yang telah masuk ke pencernaan tak membalik ke esofagus.

Penyebab Penyakit Akalasia

Penyebab primer dari Akalasia Esofagus ini adalah, kehilangan atau kerusakan yang terjadi pada saraf-saraf dinding kerongkongan, sedangkan kenapa saraf tersebut bisa hilang atau rusak belum bisa ditemukan penyebabnya.

Penyebab penyakit akalasia esofagus yang lainya adalah: Lupus, uveitis, sjorgen syndrome, atau gangguan autoimun yang lainya.

Gejala Akalasia Esofagus

Pengertian Gejala adalah, “Sesuatu, yang oleh penderita penyakit ceritakan dan rasakan“. Gejala primer yang lazim dirasakan oleh pengidap Akalasia Esofagus adalah:

  • Disfagia, yakni suatu keadaan yang mana pengidap akalasia akan merasakan kesusahan bahkan merasakan sakit saat menelan minuman, ataupun makanan.
  • Sakit Dada, yang lazimnya dapat semakin parah selepas makan.
  • Sakit ulu hati.
  • Muntah.
  • Berat badan pengidapnya turun tanpa ada penyebab yang jelas.

Pengobatan Akalasia

Pengobatan yang dijalani oleh pengidap Akalasia berguna untuk membuka otot Lower Esophageal Sphincter (LES), jadi minuman dan makanan dapat meluncur dengan baik ke pencernaan. Inilah beberapa tipe pengobatan yang bisa dijalani oleh pengidap Akalasia Esofagus:

Pembedahan: Pelaksanaan ini, dimulai dari pembedahan dada atau perut untuk mengakses kerongkongan yang bermasalah, lantas Serat otot Lower Esophageal Sphincter (LES) yang menegang akan dipisahkan.

Melebarkan kerongkongan: Pelebaran ini dilaksanakan dengan menggunakan balon, didahului dengan pembiusan total, dan pelebaran ini akan diulangi lagi selepas setahun lebih.

.

Tips Untuk Pengidap Akalasia Esofagus

  1. Memperbanyak minum air putih sebelum makan.
  2. Makan dengan posisi badan tegap.
  3. Tidak boleh terburu-buru menelan makanan.
  4. Ketika tidur, gunakan beberapa bantal yang digunakan untuk menyangga kepala.

.

Ahli Herbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *